Budidaya Dan Potensi Bisnis Dari Pohon Tabebuya

Mekarnya bunga Tabebuya memang mengesankan banyak orang. Cukup banyak juga yang mengira bahwa bunga ini didatangkan dari Jepang. Rupanya fakta mengatakan sebaliknya. Pohon Tabebuya dibudidayakan lima tahun yang lalu oleh pemerintah kota di kebun bibit Wonorejo di Surabaya.

Budidaya Dan Potensi Bisnis Dari Pohon Tabebuya

Hendri Setianto, direktur Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Penerangan Jalan Umum (PJU) kota Surabaya (DKRTH), mengatakan bahwa pihaknya telah lama membudidayakan berbagai jenis tabebuya. Mulai dari kuning, putih hingga merah muda.

Kami akan menjalankan taman kanak-kanak ini untuk upaya yang lama. Hanya bisa memakan waktu tiga hingga lima tahun, kata Hendri, Minggu, 24 November 2019

Selain itu, proses TK Tabebuya tidak hanya melayani taman kota atau trotoar di pinggir jalan, tetapi juga orang-orang di Surabaya. Warga Surabaya dapat mengirim permintaan bunga Tabebuya langsung ke Kota-Kota Besar

Jika Anda bertanya, kami berikan secara gratis. Tapi tidak sebesar jalan. Itu harus agak kecil, katanya.

Hendri mengatakan bahwa pembibitan bunga Tabebuya menempati lahan 100 x 2 meter yang terdiri dari beberapa blok di Kebun Bibit Wonorejo.

Kami mengambil benih dari sisi jalan. Lalu kami menaburnya dalam beberapa blok. Setiap blok terdiri dari sekitar 1.500 benih. Dari benih yang kami tabur, kami bawa dalam polybag saat mereka tumbuh, katanya.

Setelah tanaman bunga tabebuya tingginya 30-50 sentimeter, proses selanjutnya adalah memindahkan tanaman di area terbuka di sekitar taman kanak-kanak tanpa menggunakan polybag. Biarkan aku tumbuh dengan cepat tanpa polybag, katanya.

Namun demikian, beberapa tanaman Tabebuya di pinggir jalan tidak berasal dari taman kanak-kanak Wonorejo. Namun dari taman kanak-kanak di Kediri, Tulungagung dan Malang. Alasannya adalah tanaman tabebuya yang ditabur oleh pemerintah kota tidak terlalu besar.

Kalau yang kita tanam di pinggiran terutama dari tiga daerah. Masalahnya kita masih punya tanggung jawab, masih satu meter, katanya.

Sementara itu, kepala UPTD Taman Kota Surabaya Pramudita Yustiani mengatakan bahwa pemerintah Kota Surabaya memiliki tim khusus yang terdiri dari lima pejabat sebagai bagian dari proses pembibitan untuk merawat bunga Tabebuya. Mereka adalah orang-orang yang memiliki pengalaman dalam proses pembibitan tanaman hias, khususnya Bunga Tabebuya.

Bahkan jika itu mudah, kami menggunakan orang-orang yang berpengalaman untuk pembibitan dan perawatan Tabebuya, kata Pramudita.

Pohon Tabebuya berasal dari negara Brasil, Samba. Pohon bayangan ini memiliki bunga berbentuk terompet dan karenanya sering disebut sebagai pohon terompet.

Warna bunganya sangat berbeda, ada yang pink (pink), merah, putih, kuning atau magenta. Umumnya, pohon tabebuya, yang umum di Indonesia, memiliki bunga kuning dan merah muda. Apa yang diinginkan pembeli adalah minat, kata Faisal Sofyan, seorang penabur Tabebuya dari Surabaya.

Dia menjelaskan bahwa ketika musim bunga mekar, daun Tebebuya rontok dan digantikan oleh bunga. Selama masa ini, komposisi bunga yang mekar di pohon Tebebuya lebih dominan daripada daun.

Selain penampilannya yang didominasi bunga, pohon ini memiliki keunggulan lain yang dapat dengan mudah disesuaikan di semua kondisi cuaca.

Pohon rindang ini juga memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi, tahan terhadap kondisi kekeringan dan dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Tabebuya adalah salah satu pohon kuat yang bisa tumbuh di mana saja. Selama masih di daerah tropis dengan suhu standar, tidak ekstrem, katanya.

Mukti Dwi, seorang penanam pohon Tabebuya dari Sawangan, Depok, Jawa Barat, juga percaya bahwa menumbuhkan dan memelihara Tabebuya tidak sesulit dengan pohon rindang lainnya. Tabebuya hanya perlu disiram dan dipupuk secara teratur.

Irigasi yang luar biasa harus dilakukan secara rutin dua kali sehari, terutama jika pohonnya masih setinggi satu hingga enam meter. Intensitas irigasi dapat dikurangi setelah enam meter.

Karena jika terlalu banyak air, pertumbuhan Tabebuya bisa memakan waktu lama. Jika ketinggiannya sudah lebih dari delapan meter, tidak perlu mengairi, sarannya.

Mukti mengatakan bahwa pemupukan hanya dilakukan satu kali selama penanaman pertama bibit. Namun, jika Anda ingin Tabebuya tumbuh dan mekar dengan cepat, pemupukan dapat dilakukan secara rutin setiap 3 bulan.

Semakin sering dibuahi, semakin cepat biasanya tumbuh dan berbunga. Pupuk ditanam dengan pupuk kandang atau kompos, kata Mukti.

Mulailah dengan pupuk yang mengandung unsur nitrogen (N) tinggi untuk membentuk tunas dan cabang baru. Kemudian pupuk fosfor (P) untuk merangsang pertumbuhan bunga.

Untuk pembibitan bisa dilakukan dengan biji. Caranya, biji yang jatuh dari pohon, membuka kulitnya. Kemudian dijemur di bawah terik matahari sampai benar-benar kering.

Kemudian simpan di tempat kering setidaknya selama satu bulan. Benih-benih ini kemudian dapat ditaburkan dalam campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1: 1. Jika sudah berkecambah, bibit Tabebuya bisa dilepas, kata Faisal.

Mukti menjelaskan bahwa tanaman ini disebut Handroanthus Chrysotricha Latin mekar ketika tingginya lebih dari empat meter. Untuk mencapai ketinggian ini, dibutuhkan sekitar 8 bulan hingga 1,5 tahun. Secara umum, musim bunga Tabebuya terjadi bahkan selama musim kemarau.

Deskripsi Tabebuya

Tabebuya adalah sejenis pohon besar dan memiliki bunga yang indah, pohon ini berasal dari Brasil. Pohon Tabebuya sering dibandingkan dengan pohon ceri di Jepang karena warnanya hampir sama.

Pohon Tabebuya memiliki keunggulan yaitu daun pohon tidak mudah rontok. Akar pohon Tabebuya juga tidak merusak rumah atau dinding, walaupun struktur akarnya keras.

Pohon Tabebuya terlihat sangat bagus di musim semi karena mereka memiliki bunga yang sangat tebal dan warna yang mencolok.

Pohon tabebuya ini memiliki bunga dalam berbagai warna. Namun pohon tabebuya yang sering ditemukan adalah pohon dengan warna bunga kuning dan bentuk terompet. Pohon tabebuya seperti itu sangat umum di Indonesia.

Bunga-bunga pohon Tabebuya panjangnya 3-11 cm, berbentuk terompet dan tumbuh rumpun. Warna bunga pohon Tabebuya bervariasi dengan putih, merah muda, kuning, oranye, magenta dan merah.Selain warna yang indah, bunga ini juga dilengkapi dengan garis-garis ungu.

Pohon tabebuya adalah sejenis pohon rindang atau pohon rindang, tetapi juga dapat digunakan sebagai pohon hias. Pohon Tabebuya dapat berbunga banyak dan tidak pecah dari awal musim kemarau hingga awal musim hujan.

Habitat asli pohon Tabebuya sebenarnya adalah daerah kering, sehingga pohon Tabebuya memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kekeringan.

Pohon ini dapat digunakan sebagai benih reboisasi di tengah suatu tempat. Karena daya tahannya yang kuat, tidak perlu diservis secara rutin. Pohon ini adalah pohon hias yang populer tidak hanya di daerah tropis, tetapi juga di daerah beriklim subtropis.

Pohon Tabebuya juga tidak membutuhkan banyak perawatan, mereka hanya memotong batang pohon yang mati. Hama dan penyakit juga jarang menyerang pohon tabebuya ini.

Pembibitan bunga Tabebuya

Pembibitan Tabebuya sering dioperasikan dengan biji (metode generatif). Biji ini harus benar-benar biji tua untuk menjadi biji. Tandanya adalah biji tua, biasanya biji ini jatuh dari pohon.

Setelah benih pohon Tabebuya dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah mengeringkan biji di bawah terik matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *