Harga Bibit Kelengkeng Matalada

Buah Kelengkeng Matalada ini merupakan jenis buah kelengkeng yang mempunyai bentuk bulat dan dominan agak sedikit kecil,dan tentunya buah ini bisa membuat setiap orang ketagihan dan tidak bisa berhenti untuk mengunyahnya. Di balik ukurannya yang kecil, ternyata manfaat buah kelengkeng jenis matalada ini sangat baik untuk tubuh karena kaya akan nutrisi yang menyehatkan. Sebagai contoh saja, di tiap 100 gram buah kelengkeng matalada saja kita sudah bisa mendapatkan sejumlah 1,3 protein, 29 gram karbohidrat, 1,9 gram serat, 84 mg vitamin C, dan 1 mg kalsium.

Kelengkeng jenis adalah salah satu varian kelengkengyang cukup unggul daripada jenis lainnya. lah satu jenis buah kelengkeng yang dalam bahasa latin disebut Dimocarpus longan kelengkeng matalada ini banyak memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan jenis kelengkeng yang lainnya,pada ukuran biji ini berukuran sangat kecil dan juga mempunyai buah yang dominan sangat besar dengan ketebalan daging yang padat dan halus,dan tentunya sangat lembut,dan dengan ini menjadi keelokan tersendiri bagi kelengkeng matalada.

Harga Bibit Kelengkeng Matalada

Budidaya kelengkeng matalada

Di indonesia sendiri ,budidaya buah kelengkeng matalada sudah mulai tersebar di beberapa daerah mulai dari bagian timur Indonesia sampai bagian selatan Indonesia.  Dalam membudidayakan buah ini kita tidak terlalu membutuhkan banyak lahan karena cukup dengan 1 pohon saja biasanya kita bisa panen antara 5-10 kg buah kelengkeng matalada tergantung dari jenis dan juga percepatan pohon kelengkeng matalada itu sendiri.

Jika anda berniat untuk belajar serta membudidayakan kelengkeng matalada untuk sekedar dikonsumsi sendiri atau akan menjadi pembudidaya kelengkeng matalada bisa mencoba beberapa cara dibawah ini .

Memilih bibit

Tahapa utama yang perlu anda lakukan adalah memilih bibit yang nantinya akan kita jadikan sebagai induk atau juga pohon kelengkeng matalada. Sampai saat ini ada 3 cara yang cukup populer untuk menumbuhkan kelengkeng matalada yaitu dengan cara biji , Cangkok , dan Stek batang. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun apabila anda hanya ingin menanam kelengkeng matalada hanya untuk konsumsi sendiri  , menggunakan cara tanam biji bisa dilakukan karena tergolong murah dan gampang.

Namun berbeda dengan kondisi apabila anda ingin menjadi penyuplai buah kelengkeng matalada , anda bisa mencobanya penggandaan dengan cara cangkok atau stek.

Memilih lahan

Perlu di ketahui jika sebelumnya kelengkeng varian matalada ini merupakan salah satu varian kelengkeng yang cepat berbuah yang dalam menanamnya tidak terlalu sulit karena bisa hidup di berbagai kondisi tanah . Namun yang perlu di perhatikan adalah kegemburan tanah yang dimana akan mempengaruhi cepat atau lambatnya pohon kelengkeng akan tumbuh.

Perawatan

Untuk perawatan dari pohon kelengkeng itu sendiri juga tidak terlalu sulit yaitu cukup menjaga kondisi tanah dari pohon kelengkeng tetap lembab dan juga menjauhkan pohon kelengkeng dari berbagai ancaman hama.

Beberapa perawatan dasar seperti penyiraman dan pemupukan bisa dilakukan dengan cara menyiram tanaman kelengkeng dengan air biasa dengan intensitas 2x sehari di pagi hari danj uga di sore hari. Dan kemudian untuk pemupukan bisa di lakukan 30 hari sekali

Harga Bibit Kelengkeng Matalada

Pemangkasan

Pemangkasan ini memiliki tujuan agar seluruh bagian batang kelengkeng menjadi produktif dan menghasilkan kelengkeng dengan baik. Seain itu juga dengan memangkas bagian batang juga akan membuat pohon terkesan lebih rapih.

Panen di waktu yang pas

Langkah terakhir adalah langkah yang di tunggu-tunggu yaitu panen . Dalam panen buah kelengkeng itu sendiri ada beberapa tips nya seperti :

  • Melihat ciri buah kelengkeng yang dimana apabila sudah matang akan berwarna coklat tua yang biasanya berumur 4-6 bulan.
  • Jangan Memanen di siang hari , usahakan memanen di pagi hari
  • Jangan memanen ketika hujan
  • Potong di bagian tandan buah
  • Panen dalam 1 pohon sekaligus jangan sebagian -sebagian

Jenis-Jenis Kelengkeng

Dengan berkembangnya teknologi yag ada di dunia ini membuat penyebaran kelengkeng ini tersebar dengan cukup cepat. Hal itu pun berimbas pada munculnya beberapa jenis kelengkeng baru yang mulai dari rasa dan aroma yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis kelengkeng yang bisa  kita konsumsi :

Kelengkeng Merah

Jenis kelengkeng ini merupakan kelengkeng yang unggul dari beberapa jenis kelengkeng lainnya. Kelengkeng Merah ini memiliki banyak sekali keunggulan seperti  rasa yang lebih manis  , masa berbuahnya lebih cepat , jumlah buah yang banyak dan dari hasil buahnya itu sendiri  memiliki daging yang tebal dengan wangi yang cukup untuk membuat orang tergoda.

Kelengkeng Pingpong

Apabila kita dengar pingpong pasti sudah mengarah kepada sebuah permainan yang bernama pingpong. Kenapa jenis dari ini disebut pingpong karena ukuran dan warna dari hasil kelengkeng ini jika di lihat oleh mata sekilas akan seperti bola pingpong yang bundar.Jenis ini juga termasuk jenis kelengkeng unggulan karena memiliki rasa yang manis hanya saja biji dari kelengkeng jenis ini lebih besar dari biji jenis diamond river

Kelengkeng puan ray

Kelengkeng yang terakhir ini merupakan kelengkeng yang berasal dari negeri gajah putih yaitu Thailand. Kelengkeng jenis ini memiliki karakteristik buah yang tidak terlalu berair namun memiliki rasa yang cukup manis dengan daging yang tebal. Selain itu juga ukurannya cukup besar dari beberapa jenis lainnya yang dimana masa berbuah dari kelengkeng ini biasanya 1 tahun sekali .

Kelengkeng Durian / Mata Naga

Jenis selanjutnya adalah jenis yang memang tergolong jarang karena masih belum di kenal secara luas untuk jenis ini. Beberapa ciri khas dari kelengkeng jenis ini adalah aromanya mirip dengan buah durian yang belum matang. Ciri lainya adalah warna kulit yang lebih cerah dari jenis lainnya dengan batang cabang yang lebih banyak dari kelengkeng jenis lainnya.

Manfaat Buang Kelengkeng Matalada untuk Kesehatan

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat kelengkeng yang pertama adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika anda rutin mengkonsumsi sejumlah setengah mangkuk kelengkeng terutama jenis matalada,maka setidaknya sudah bisa memenuhi sebesar 80 persen asupan harian vitamin C. Dengan mendapatkan asupan vitamin C yang cukup, maka penyerapan zat besi pada makanan akan berjalan dengan maksimal, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, dan menyehatkan kulit dari dalam.

2. Anti kanker

Kelengkeng varian matalada ini dominan sekali memiliki kadar polifenol yang cukup tinggi. Senyawa polifenol dan asam galat dapat berfungsi untuk menghilangkan radikal bebas penyebab stres dan membuang zat beracun yang dapat memicu penyakit kanker. Bagian buah, bunga, dan biji kelengkeng matalada merupakan antioksidan yang sama kuatnya.

3. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Manfaat buah kelengkeng varian matalada ternyata juga bisa membantu membuat kulit menjadi semakin sehat, cantik, dan tentunya Nampak mulus, dan bersinar,hal ini dikarenakan bahwa buah kelengkeng matalada ini memiliki beragam kandungan vitamin dan juga antioksidan yang cukup tinggi dalam buah kelengkeng matalada. Bahkan, masyarakat di negara China ternyata juga sudah lama memaksimalkan buah kelengkeng terutama jenis matalada demi menjaga kesehatan kulit.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>