Inilah Manfaat Temulawak Sebagai Obat Alami

Manfaat Temulawak telah terbukti dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Banyak yang menggunakan Temulawak, baik Temulawak asli maupun dalam bentuk krim sebagai obat antiinflamasi dan agen penyembuhan luka. Apa manfaat Temulawak yang telah dibuktikan secara ilmiah? Setelah mengecek.

Apa itu Temulawak?

Temulawak adalah tanaman asli Indonesia yang menyerupai kunyit. Tanaman dengan nama Latin propolis Curcuma xanthorrhiza biasanya memiliki bentuk silinder dengan diameter 6 cm.

Inilah Manfaat Temulawak Sebagai Obat Alami

Umumnya, tanaman ini memiliki kulit kuning muda. Sebagai tanaman monokotil, tanaman ini tidak memiliki akar tunggang. Root yang dimiliki adalah root rimpang.

Rimpang adalah bagian dari batang yang terletak di bawah tanah. Rimpang juga dikenal sebagai umbi atau batang. Dari semua jenis rimpang temulawak, rimpang tanaman ini adalah yang terbesar dari tanaman lainnya.

Rimpang temulawak terdiri dari rimpang utama dan anak-anak anjing. Rimpang induk berbentuk bulat seperti telur dan berwarna kuning gelap, sedangkan bagian dalamnya berwarna oranye kecoklatan.

Rimpang yang lebih kecil kedua berasal dari rimpang utama ini dan tumbuh menyamping. Biasanya sekitar 3 hingga 7 buah.

Awalnya, Curcuma xanthorrhiza tumbuh di banyak hutan, terutama di hutan jati, bersama dengan jenis temuan lainnya. Tanaman ini biasanya tumbuh di padang rumput Alang Alang dan tanah kering. Tapi sekarang Temulawak sudah umum di dataran tinggi.

Bahan dan senyawa kimia di Temulawak

Rimpang temulawak mengandung curcuminoids, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa dan mineral. Pati merupakan bahan terbesar dalam rimpang temulawak. Pati biasanya berwarna putih kekuningan karena mengandung curcuminoids.

Curcuminoid adalah pewarna kuning pada Temulawak dan kunyit. Termasuk dalam Temulawak:

0,37% abu

1,52% protein

1,35% lemak

0,80% serat

79,96% karbohidrat

15 ppm kurkumin

11,45 ppm kalium

Natrium 6,38 ppm

19,07 ppm kalsium

12,72 ppm magnesium

Besi 6,38 ppm

0,82 ppm mangan

Kadmium 0,02 ppm

Rimpang Temulawak juga mengandung tiga bahan aktif:

Germacron, antiinflamasi dan menghambat pembengkakan.

P-toluene metillcarbinol dan sesquiterpen D-camphor meningkatkan produksi dan empedu.

Tumeron, antimikroba.

Perbedaan antara kunyit dan Temulawak

Kunyit dan Temulawak terlihat sangat mirip pada pandangan pertama. Bahkan manfaat kunyit dan Temulawak sangat mirip. Karena itu, tidak jarang banyak orang yang salah ketika mereka mengenali keduanya. Agar tidak memilih yang salah, perbedaan antara kunyit dan Temulawak berikut ini harus diketahui:

Daun

Kunyit memiliki daun tunggal dengan bentuk memanjang hingga 20-40 cm dengan lebar daun 8-12,5 cm. Daunnya memiliki bentuk seperti tulang yang berwarna hijau muda. Daun kunyit memiliki ujung dan alas yang runcing dengan margin daun rata. Temulawak sekarang memiliki daun lebar yang dihubungkan oleh pelepah dan tangkai daun yang cukup panjang.

Ketegangan

Kunyit memiliki batang semu dengan ketinggian 40-100 cm. Sedangkan Temulawak memiliki batang semu dengan tinggi 2,5 meter.

rimpang

Rimpang kunyit bercabang menjadi rimpang. Rimpang adalah elips dan membentuk cabang dalam bentuk batang yang terletak di tanah.

Rimpang kunyit biasanya ditutupi dengan rebung yang tumbuh menyamping, horizontal, dan melengkung. Tunas pendek dengan bentuk lurus atau melengkung. Warna kulit rimpang kunyit biasanya berwarna oranye kecoklatan atau merah-kuning muda.

Sementara itu, rimpang temulawak biasanya berukuran lebih besar dari kunyit. Hal lain yang menonjol antara Temulawak dan kunyit adalah bahwa daging kunyit lebih tebal, juga dikenal sebagai oranye kemerahan, sedangkan Temulawak biasanya memudar kuning. Temulawak juga memiliki rasa pahit dibandingkan kunyit.

Bunga

Kunyit memiliki bunga majemuk, rambut dan keripik. Mahkota memiliki panjang 3 cm dan lebar 1,5 cm kuning dengan kelopak silindris.

Sementara itu, Temulawak biasanya memiliki bunga putih kemerahan atau kekuningan. Panjang batang bunga kira-kira 1,5 sampai 3 cm, di mana bunga datang langsung dari rimpang. Bunga utama berwarna merah dengan kelopak hijau muda dan dasar bunga ungu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *