Perbedaan Mangga Irwin Dan Mangga Mahatir

Jenis buah Mangga irwin ini merupakan jenis buah yang sering disebut juga sebagai mangga ungu oleh kebanyakan orang. Mangga irwin merupakan salah satu jenis mangga yang asli berasal dari benua Australia. Mangga ini memiliki beragam keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis mangga lainnya yakni pada saat matang,yang mana mangga irwin ini akan dominan mempunyai warna buah keungu – unguan dan sangat cerah.

Perbedaan Mangga Irwin Dan Mangga Mahatir

Meskipun begitu,tanaman mangga irwin ini merupakan salah satu varietas mangga yang mempunyai rasa yang sangat manis dan juga memiliki cita rasa yang sangat lezat namun ada juga varian mangga irwin yang ditemukan mempunyai rasa sedikit asam. Daging buah pada mangga irwin ini mempunyai tekstur halus namun bersifat padat dan agak sedikit kandungan air.

Untuk ukuran buah,jenis mangga irwin ini terbilang cukup mempunyai ukuran besar dibandingkan rata-rata buah mangga pada umumnya,yang mana mangga irwin ini memiliki berat 1 buah sekitar 500- 650 gram per buahnya. Karena begitu unik , mangga ini sudah mulai dibudidayakan oleh banyak orang.

Baca Juga: Sehatkan Jantung,Dengan Buah Duku

Mangga irwin ini merupakan satu – satunya jenis buah mangga yang memiliki warna yang unik yaitu ungu. Mangga irwin ini pun menjadi primadona bagi para penikmat mangga di Indonesia. Buah mangga Irwin dominan sekali mempunyai bentuk cenderung oval dan tentunya memiliki berat buah hingga mencapai 500 gram – 750 gram. Daging buah mangga irwin ini memiliki kandungan air yang cukup banyak, namun sedikit mengandung serat, dan memiliki rasa kombinasi asam dan manis yang pas. Tak jarang mangga irwin ini sering mendapatkan pujian dari para penikmatnya.

Tips agar pohon mangga irwin berbuah banyak
Berikut ini akan kami jelaskan cara tentang manga Irwin agar berbuah lebat:


● Saat hendak akan menanam bibit mangga irwin,maka hendaknya terlebih dahulu anda menggunakan sebuah tanah yang sudah bercampur dengan pupuk kompos. Dan setelah itu lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan juga pada sore hari,hingga bibit mangga irwin ini mulai menunjukkan pertumbuhan nya.


● Penggunaan pupuk jenis ZPT ini juga terbukti ampuh dapat membuat pohon mangga irwin menjadi lebih cepat berbuah dalam kurun waktu 3 bulan lebih singkat dari umumnya, dan walaupun demikian mangga irwin ini juga mampu berbuah pada saat bukan musim buah. Penggunaan Pupuk ZPT ini sangat cocok digunakan pada perkebunan mangga irwin untuk yang mana masuk kedalam kategori kebutuhan komersil.


MANGGA MAHATIR
Pada dasarnya jenis mangga mahatir ini merupakan mangga asli dari negeri jiran Malaysia,dan kemungkinan tersebar di indonesia ini berkat jasa dari para TKI yang bekerja di negara malaysia. Mereka inilah yang berperan besar dalam memasukkan dan memperkenalkan varian mangga mahatir ke Indonesia.


Buah mangga mahatir ini sebenarnya sudah tersebar cukup lama di Indonesia, namun buah ini hanya dapat ditanam sebagai tanaman buah koleksi bagi para penghobi tanaman maupun penghobi jenis tanaman hias,kebanyakan mangga mahatir ini sering ditanam oleh mereka yang sering keluar masuk ke negara Malaysia. ‘


Hal itu terjadi entah karena pekerjaannya maupun mereka yang mencari dan juga mendapatkan bibit dari para TKI yang bekerja di Malaysia, dengan demikian maka kasusnya sama persis dengan saat durian jenis D24,sawo jumbo CikuMega 19, dan durian D197 alias durian Musangking dimasukkan dan pada akhirnya dikenalkan pertama kali ke Indonesia.
Terlebih nama itu juga syarat akan personifikasi sesosok yang menggambarkan mangga mahatir sebagai mangga yang berukuran besar,mengikuti nama besar mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahatir Muhammad.


Daun mangga mahatir ini memang sangat khas,yakni berukuran cukup panjang dan juga agak sedikit lebar dengan bentuk daun yang bergelombang dan berurat (urat daun kelihatan menonjol).


Nama,mangga mahatir sendiri mengambil nama mahatir,yaitu seorang mantan Perdana Menteri Malaysia yang dikenal sebagai “orang kuat” yang mana beliau telah berkuasa cukup lama di Malaysia.


Daun mangga mahatir ini juga mempunyai beragam ciri khas lainnya,yaitu jika sepotong kecil daun tua diremas di antara ibu jari dan jari telunjuk, maka seketika akan mengeluarkan aroma yang sangat khas,berbau sengir dan bau itu pada umumnya tidak dimiliki oleh varietas-varietas mangga jenis lain.


Jika mangga jenis lain mempunyai percabangan dan juga ranting yang tumbuh ke atas atau samping,maka percabangan dan juga ranting pada mangga jenis mahatir ini cenderung lemas dan juga tumbuh hingga pada akhirnya menjuntai ke bawah,oleh karena itu pengaturan arah pada pertumbuhan cabang dan juga ranting ini harus dilakukan seawal mungkin dengan cara mengikat pada bagian cabang/ranting pada ajir bambu.


Jika tanaman mangga mahatir ini tumbuh membesar,maka perlu adanya pemberian sebuah para-para penyangga yang terbuat dari bambu atau juga bisa dengan bahan kayu,yang nantinya akan membuat arah pertumbuhan cabang dan juga ranting muda menjadi lebih teratur dan mengalami pertumbuhan yang lebih baik.

Mangga mahatir ini tergolong kedalam jenis mangga genjah karena memang mangga ini kategori jenis mangga yang sangat mudah berbunga dan rajin berbuah pada umur tanaman yang masih muda, karena dari bibit pertama ukuran sejengkal yang tumbuh dengan cepat.


Untuk caranya diambil dari beberapa entres dan entres tersebut kemudian disambungkan ke batang bawah mangga lokal berukuran sejempol tangan orang dewasa, kemudian calon bibit baru tersebut langsung saja untuk di tanam ke dalam pot, lalu kemudian bibit itu dalam waktu kurang dari sebulan akan mampu berbunga dan akan berbuah kurang dari satu setengah tahun pasca sambung.


Sementara bibit pertama sedikit lebih lambat berbunga, kurang dari 2 tahun. Hal ini dapat terjadi dikarenakan adanya bibit yang ditanam pertama tersebut pada bagian bawah masih berumur cukup muda,lebih kurang berukuran sebesar batang pensil.


Namun,secara umum tanaman mangga mahatir ini relatif sangat mudah untuk berbunga dan juga rajin berbuah meskipun dengan cara bibit disambungkan ke bagian batang bawah mangga lokal yang berukuran lebih kecil.


Berbicara Mangga Irwin,tak lengkap rasanya jika tanpa disertai informasi mengenai manfaat dari mangga irwin ini

Mencegah Perkembangan Sel Kanker di Dalam Tubuh
Sel kanker yang berkembang di dalam organ tubuh manusia ini sangat berbahaya dan mematikan,karena bisa menimbulkan kematian mendadak kepada para penderitanya.

Namun,jangan khawatir dan takut,karena anda dapat mencegah timbulnya sel kanker tersebut secara sederhana dan tentunya proses ini berjalan tanpa sedikit adanya efek samping,yakni dengan rutin mengkonsumsi buah Mangga Irwin sebagai makanan alami pada saat sore atau malam hari.


Mangga irwin ini dipercaya dapat membasmi sel kanker di dalam tubuh,secara optimal dan tentunya mampu menahan laju pertumbuhan sel kanker. Mangga irwin ini akan menyeluruh mampu memberikan nutrisi kepada tubuh agar lebih selalu sehat dan bugar dan tentunya agar terhindar dari kerusakan akibat sel kanker yang menyerang

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>