Pohon Ketapang Kencana,Sangat Cocok untuk Peneduh Taman

Bila anda sedang menginginkan taman rumah dengan suasana yang teduh dan terkesan indah, mungkin anda dapat memilih Ketapang Kencana sebagai tanaman pilihan Anda. 

Ya, Ketapang Kencana adalah semak yang sering digunakan sebagai tempat teduh di taman kota. Ketapang Kencana tidak hanya memiliki bayangan, tetapi juga keindahan dalam header multi-level. 

Pohon Ketapang Kencana adalah pohon tinggi dengan cabang-cabang yang berjarak dari cabang-cabang lain. Daunya kecil dan langka. Selain itu, tanaman ketapang kencana ini memiliki kelebihan sebagai penyerap polusi udara, sehingga dapat ditanam di taman kota dan kebun rumah.

Pohon Ketapang Kencana,Sangat Cocok untuk  Peneduh Taman

Ketapang Kencana dikatakan sebagai tanaman endemik dari wilayah Madagaskar, tetapi diproduksi di berbagai daerah tropis, termasuk Indonesia. Sekarang telah ditemukan bahwa tanaman ketapang kencana ini menghiasi banyak taman rumah dan taman lainnya. Untuk menghias taman, tanaman ketapang kencana ini sangat cocok bila dipasang di area lanskap dengan menyalakan lampu taman dari bawah dengan lampu dinding.

Bagi Anda yang tidak terbiasa dengan tanaman ketapang kencana ini, Anda dapat mengamati tanaman dengan sifat yang berkembang biak dengan biji yang memiliki batang utama vertikal dan jarang bercabang.

Karakteristik lain dari tanaman ini adalah daula hijau lunak, yang padat dengan pertumbuhan tanaman dan dapat mencapai hingga 10 meter. Dan yang tak kalah pentingnya, tanaman ini tahan terhadap sinar matahari.

Cara menanam Ketapang Kencana

Menanam emas Dang Kebatapang dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara menanam ketapang emas adalah dengan menggunakan graft. Seperti halnya pencangkokan umum, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu, yaitu memilih batang yang baik agar tidak cacat dan lurus.

Juga potong batang pohon dan buang lendir pada batangnya. Kemudian bilas secara teratur sampai akarnya tumbuh kuat. Kemudian potong dan simpan di tempat yang lembab.

Media pertumbuhan dari Ketapang Kencana harus diperlakukan dengan pupuk kandang / kompos (1: 1) sampai merata. Buat lubang tanam dengan kedalaman hingga 30 cm, tanam area penanaman di sekitar bibit dan kencangkan. Bilas agar media tanam lembab.

Setelah keta pang emas ditanam di media yang bagus, lanjutkan dengan hati-hati. Salah satu perawatan ketapang emas adalah penyiraman. Penyiraman dengan Ketapang Kencana dilakukan hanya sesuai kebutuhan, tidak setiap hari, terutama di pertanian atau di negara besar. Dan tidak kalah pentingnya untuk secara teratur menyediakan makanan dalam bentuk pupuk buatan atau biologis setiap 2-3 bulan.  Harga Pohon Ketapang Kencana Tinggi 1 Meter

Sekarang Ketapang Kencana tumbuh dengan indah dan hati-hati di media yang bagus dengan cabang-cabang yang ditata dengan indah dan teduh.

Tidak banyak orang mengetahui pohon tepi pantai nan rindang bernama Ketapang. Ketapang, atau katapang, memang tidak sepopuler pepohonan lain yang banyak dimanfaatkan di berbagai segi oleh manusia.

Tidak populer bukan berarti tidak bermanfaat. Pohon yang memiliki nama lain Terminalia catappa ini memiliki segudang manfaat, di antaranya adalah sebagai bahan papan dan bahan obat-obatan herbal.

Karakteristik Pohon Ketapang

Pohon Ketapang adalah tumbuhan khas wilayah Asia Tenggara. Hampir di setiap tempat di Asia Tenggara ditemukan Ketapang, kecuali di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Pohon ini dibawa dari Asia Tenggara dan menyebar ke berbagai belahan dunia.

Setelah itu, diketahuilah bahwa iklim di wilayah Australia bagian utara, India, Polinesia, Madagaskar, Pakistan, Afrika Barat, Afrika Timur, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah cocok untuk ditanami Ketapang.

Pada dasarnya, pohon Ketapang mampu tumbuh di iklim pesisir (dataran rendah) yang memiliki curah hujan kurang lebih 1.000 hingga 3.500 mm per tahun.

Pohon Ketapang adalah pohon besar yang rindang. Tingginya bisa mencapai 3 meter dengan lebar batang sebesar 1,5 meter. Ketapang memiliki sebuah ciri khas, yakni cabangnya tumbuh ke samping (mendatar) dan bertingkat-tingkat. Ini menyebabkan pohon Ketapang seringkali terlihat seperti bangunan pagoda.

Dengan daun-daun rindang yang lebar dan meruncing di ujungnya, Ketapang semakin terlihat subur dan rindang. Ditambah bunga-bunga kecil yang indah berwarna hijau kuning, pohon ketapang terlihat menarik sehingga pemerintah berbagai kota di Indonesia memanfaatkannya sebagai pohon yang meneduhi jalan-jalan.

Pohon Ketapang menghasilkan buah yang berbentuk seperti telur yang gepeng dan bersayap sempit. Warnanya merah, kuning, kehijauan jika belum masak, dan berubah menjadi ungu kemerahan saat masak. Buah Ketapang memiliki lapisan gabus.

Itulah mengapa buah Ketapang dapat mengambang terapung-apung di lautan atau di sungai hingga berbulan-bulan lamanya. Buah Ketapang juga disebarkan oleh kelelawar.

Manfaat Ketapang Secara Umum

Secara keseluruhan, hampir seluruh bagian dari pohon Ketapang dapat diambil manfaatnya. Daun-daunnya banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan tinta, bahan pewarna hitam, dan untuk menyamak kulit. Daun Ketapang mengandung 12 jenis tanin yang bisa dihidrolisis.

Pada Bagian kulit jaringan kayu ketapang kencana ini atau pepagan dapat dijadikan sebagai zat pewarna. Warna yang dihasilkan pepagan Ketapang adalah warna kuning kecokelatan hingga warna zaitun. Lebih spesifik lagi Kulit jaringan kayu atau pepagan ini mengandung senyawa tanin sebesar 11% – 29%.

Kayu pohon Ketapang berwarna merah bata pucat sampai kecokelatan. Berat jenis kayu yang disebut red-brown terminalia ini berkisar antara 0,465 hingga 0,675. Kayu pohon Ketapang tidak terlalu awet tetapi cukup ulet dan keras, karenanya kayu Ketapang banyak digunakan untuk menutup lantai (venir) dan membuat perahu.

Biji buah Ketapang bisa dimakan. Beberapa orang banyak yang meyakini jika biji Ketapang kencana ini jauh lebih enak daripada biji kenari ketika diolah menjadi makanan. 

Oleh karena itu, banyak sekali para juru masak untuk berlomba menyajikan hidangan ekstrak biji ketapang kencana ke dalam adonan kue.Jika dijemur, inti dari biji Ketapang akan menghasilkan minyak dengan warna sedikit kekuningan.

Minyak ini kaya akan berbagai asam lemak, seperti asam oleat (sebanyak 23,3%), asam palmitat (55,5%), asam linoleat, asam miristat, dan asam stearat. Selain asam lemak, biji Ketapang kering juga mengandung 16% gula, 25% protein, dan berbagai jenis asam amino.

Buah Biji Ketapang dan Kolesterol

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para peneliti di Universitas Toronto, Kanada, buah biji Ketapang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Fakta ini didapatkan sebagai hasil dari penelitian yang melibatkan tiga kelompok partisipan.

Dalam penelitian buah biji Ketapang ini, kelompok pertama menurunkan kadar kolesterol dengan cara melakukan diet tingkat rendah, yakni hanya mengonsumsi makanan yang mengandung krim susu.

Hanya saja pada kelompok kedua diet tersebut dilengkapi dengan konsumsi pil penurun kadar kolesterol sebanyak 20 ml per hari. Kelompok ketiga menjalani diet ketat sambil mengonsumsi makanan berserat, kedelai, dan buah biji Ketapang.

Kemudian, hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok ketiga (yang mengonsumsi buah biji Ketapang) berhasil menurunkan kadar kolesterolnya hingga lebih dari 30%. Pasalnya, buah biji Ketapang mengandung vitamin E dalam jumlah yang banyak. Vitamin E tersebut berfungsi sebagai pemicu turunnya jumlah protein C-reaktif. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *