Ternyata Jeruk Bali Punya Sederet Manfaat Bagi Kesehatan

Jeruk Bali adalah salah satu buah yang banyak dikonsumsi orang Indonesia. Selain rasanya yang lezat, banyak manfaat jeruk bali dapat berasal dari berbagai tingkat nutrisi penting.

Jeruk bali atau dikenal dengan nama Latin Citrus grandis atau Citrus maxima adalah jenis jeruk atau jeruk. Yang unik adalah buah ini, yang disebut Jeruk Bali, adalah jenis buah jeruk terbesar, yang bisa mencapai 1-2 kg. Dagingnya berwarna merah oranye dan rasanya agak manis bercampur asam dan sedikit pahit.

Ternyata Jeruk Bali Punya Sederet Manfaat Bagi Kesehatan

Kandungan gizi di Jeruk Bali atau Citrus Bali

Jeruk Bali kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan Anda. Salah satu bahan utama buah ini adalah vitamin C. Dalam sepiring jeruk bali (sekitar 100 gram) mengandung 60 mg vitamin C dan 40 kalori. T.

Ketahui berbagai manfaat jeruk Bali

Jeruk Bali dengan berbagai bahan mengandung berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Anda tidak boleh melewatkan manfaat Jeruk Bali sebagai berikut:

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Tingkat antioksidan dan vitamin dalam jeruk bali berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh dipertahankan, hindari berbagai penyakit, terutama penyakit menular seperti flu dan diare.

2. Pencernaan yang sehat

Buah jeruk, termasuk Jeruk Bali, dikenal sebagai salah satu buah serat tinggi. Berkat konten ini, jeruk bali dapat mempertahankan seluruh sistem pencernaan. Selain itu, beberapa penelitian kesehatan juga mengatakan bahwa buah ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

3. Mengurangi risiko batu ginjal

Batu ginjal adalah endapan mineral dalam ginjal yang mengkristal dan menyerupai batu. Kondisi ini dapat terjadi karena kadar sitrat yang rendah dalam urin. Kandungan sitrat yang tinggi dalam jeruk bali dapat membantu mengurangi risiko batu ginjal.

4. Pengurangan risiko kanker

Banyak penelitian telah menunjukkan hubungan antara buah jeruk, termasuk jeruk bali, dan pengurangan risiko kanker. Ini karena buah jeruk mengandung senyawa flavonoid yang dapat melindungi tubuh dari kanker. Flavonoid adalah jenis antioksidan yang memainkan peran penting dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.

5. Menjaga kesehatan jantung

Makan buah jeruk seperti jeruk bali dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Karena itu, kandungan serat dan flavonoid dalam buah jeruk dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Efek ini penting untuk mencegah pembentukan plak yang dapat menyumbat arteri. Akibatnya, buah jeruk bali dikonsumsi baik sebagai buah untuk penyakit jantung.

6. Menjaga kesehatan otak

Tingkat flavonoid dalam jeruk bali dapat membantu menangkal penyakit otak degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi buah secara teratur, termasuk Jeruk Bali, memiliki ingatan yang lebih baik dan kecil kemungkinannya mengalami kepikunan.

Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dari jeruk bali jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Keasamannya cukup tinggi untuk tidak merekomendasikan konsumsi Jeruk Bali yang berlebihan, karena hal ini dapat meningkatkan risiko kekosongan.

Selain itu, konsumsi jeruk bali juga harus dibatasi oleh orang-orang yang menggunakan obat-obatan tertentu seperti antikonvulsan karbamazapine, obat untuk tekanan darah tinggi dan obat penurun kolesterol seperti atorvastatin.

Meskipun diyakini bermanfaat bagi kesehatan, manfaat jeruk bali dalam mengobati penyakit tidak dapat ditentukan. Karena itu, jangan menggunakan jeruk bali sebagai pengganti obat dari dokter.

Karena efek dari obat-obatan tertentu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengambil jeruk bali jika Anda sedang minum obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *